Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

4 Tips Memilih Solenoid Valve Untuk Proyek Anda

KategoriTips Trik
Di lihat59 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang
sms 085646814774 085646814774

Detail Produk 4 Tips Memilih Solenoid Valve Untuk Proyek Anda

Tips Memilih Solenoid Valve Untuk Proyek anda

Solenoid valve atau switch valve adalah salah satu sparepart industri yang diaplikasikan untuk proses pengisian atau filling aneka produk. Sebelum membeli solenoid valve tentunya anda harus paham tentang solenoid valve dan apakah solenoid valve yang anda beli cocok untuk proyek anda. Berikut adalah tips membeli solenoid valve.

1. Pahami bagaimana sistem kerja solenoid valve
Sebelum membeli solenoid valve
Alangkah baiknya anda memahami dan mengerti tentang prinsip kerja solenoid valve terlebih dahulu sehingga anda dapat menentukan sistem kerja solenoid jenis mana yang anda butuhkan untuk proyek anda. Solenoid valve mempunyai sistem kerja dasar yaitu normally open dan normally close.

Bagaimana sistem kerja solenoid valve normallly close ?

Normally close atau NC adalah prinsip kerja solenoid valve yang pada posisi normal atau tanpa arus adalah off atau katup valve tertutup.

Bagaimana sistem kerja solenoid valve normally open?

pada sistem kerja solenoid valve normally open bekerja sebaliknya dengan normally close, dimana sistem kerja valve adalah open atau katup terbuka dan katup valve tertutup apabila ada supply tegangan.

Apa itu Katup solenoid valve ?

Katup solenoid adalah katup yang dikontrol secara elektromekanik. Katup fitur solenoid, yang merupakan kumparan listrik dengan inti ferromagnetik bergerak di tengahnya. Inti ini disebut plunger. Dalam posisi istirahat, plunger menutup lubang kecil. Arus listrik melalui kumparan menciptakan medan magnet. Medan magnet memberikan gaya pada plunger. Akibatnya, plunger ditarik ke pusat kumparan sehingga lubang terbuka. Ini adalah prinsip dasar yang digunakan untuk membuka dan menutup katup solenoid.

“Katup solenoid adalah katup yang digerakkan elektromekanik untuk mengontrol aliran cairan dan gas.”
Katup solenoid adalah salah satu komponen yang paling banyak digunakan dalam sirkuit gas dan cairan. Jumlah aplikasi hampir tak terbatas. Beberapa contoh penggunaan katup solenoid termasuk sistem pemanas, teknologi udara terkompresi, otomatisasi industri, kolam renang, sistem sprinkler, mesin cuci, peralatan gigi, sistem pencucian mobil dan sistem irigas

2. Memilih bahan solenoid valve
bahan solenoid valve beraneka ragam mulai dari plastic pvc, plastic teflon, nylon, kuningan atau brass, stainless steel dsb. Tentukan bahan yang cocok untuk produk anda. Jika produk anda adalah gas maka pakai valve berbahan kuningan yang spesifikasi bisa untuk gas, jika produk anda adalah makanan atau minuman gunakan yang berbahan stainless steel karena food grade aman untuk makanan.

3. Tekanan Maksimal pada solenoid valve
sebelum membeli solenoid valve alangkah baiknya anda cek spesifikasi tekanan pada solenoid valve. Jika produk anda mempunyai tekanan tinggi seperti air bertekanan tinggi lebih dari 10bar sebaiknya anda pilih valve yang khusus high pressure, untuk valve dengan material plastik tekanan max nya sekitar 8 bar. Dan pada kebanyakan valve plastik bukan tipe low pressure sehingga dibutuhkan tekanan untuk membantu proses buka tutup valve.

Apa yang terjadi jika pressure atau tekanan kurang ?
jika tekanan atau pressure pada solenoid valve yang bukan low pressure kurang maka katup valve tidak akan bisa menutup dengan sempurna sehingga air masih menetes karena  katup valve tidak menutup dengan sempurna.

Apa yang terjadi jika solenoid valve dipakai dengan tekanan berlebih?
solenoid valve mempunyai batasan pressure atau tekananan sehingga apabila dipakai berlebih tentu saja valve akan jebol dan rusak.

4. Memilih merek solenoid valve
Brand atau merek pada solenoid valve adalah salah satu yang penting. Kualitas sangat berbeda dengan merek dan brand yg berbeda. Pada solenoid buatan china dibanding eropa tentu saja berbeda. Jika kebutuhan anda industri skala besar dengan produksi setiap hari dan nonstop alangkah baiknya anda memilih valve eropa dibanding china. Valve brand eropa seperti sirai memang jauh lebih mahal namun kualitas sangat baik dan sudah diakui dunia. Bukan berarti valve buatan china jelek seluruhnya, jika perwatan dan pemakaian benar tentu saja valve china jg awet.

Contoh Mesin industri yang menggunakan solenoid valve adalah mesin filling cairan atau pengisian cairan kedalam kemasan atau botol.

itulah tadi artikel mengenai tips memilih solenoid valve, kami jga menyediakan aneka produk solenoid valve dan aneka part pneumatic lainya.

WA :085646814774

Produk lain Tips Trik

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 085646814774
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang5 Tips Memilih Motor Dc Robot Line Tracer /Gearbox Line Tracer Super Cepat
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail

Like My FanPage

HIGH QUALITY KITCHEN APPLIANCES

BINNENKORT KOMT HIER ONZE NIEUWE WEBSITE

4